FB AutoAddFriends + UID Grabber 728x90

Mengenal Tehnologi Nano



Teknologi nano adalah teknik dari sistem fungsional dengan ukuran yang sangat kecil yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk yang canggih dan modern.  Teknologi nano ini menghasilkan revolusi dalam bidang manufaktur dan membawa implikasi bagi kehidupan sosial, ekonomi dan lingkungan. Satu nanometer adalah satu per satu milyar meter, atau bisa dikatakan sama dengan luas tiga atau empat atom. Teknologi nano selain memberikan manfaat yang besar bagi manusia dalam berbagai bidang tetapi juga dapat membawa bahaya yang besar. Hal ini disebabkan karena elemen yang terbuat dari ukuran yang sangat kecil akan memiliki sifat yang berbeda dengan elemen yang berukuran normal sehingga elemen ini dapat bereaksi dengan lingkungan dalam cara yang tidak terduga. Dengan teknologi nano, produk yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang jauh lebih baik, lebih tahan lama, lebih aman, lebih hemat, lebih bersih dan lebih efisien, baik untuk komunikasi, pengobatan, transportasi, agrikultur dan industri.

Salah satu aplikasi teknologi nano yaitu dalam bidang pengobatan dimana dilakukan pengembangan obat yang berukuran nano partikel sehingga obat dapat langsung mengenai sel penyakit di dalam tubuh. Jika telah disempurnakan, metode ini dapat mengurangi efek buruk dari kemoterapi yang dapat merusak sel-sel yang sehat. Sedangkan dalam bidang elektronik, teknologi nano dapat meningkatkan kapabilitas peralatan elektronik dengan mengurangi konsumsi listrik dan berat produk. Teknologi nano juga berdampak pada beberapa aspek dalam teknologi pangan. Perusahaan pangan mengembangkan bahan berukuran nano yang tidak hanya membuat perbedaan pada rasa makanan tetapi juga keamanannya dan bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu teknologi nano juga digunakan dalam bahan bakar untuk menghemat biaya katalis yang digunakan dalam sel bahan bakar untuk memproduksi ion hidrogen dari bahan bakar seperti metanol dan untuk meningkatkan efisiensi dari membran atau lapisan yang digunakan dalam sel bahan bakar untuk memisahkan ion hidrogen dari gas lainnya seperti oksigen.

Banyak perusahaan yang kini mengembangkan baterai dengan menggunakan bahan berukuran nano. Baterai dengan bahan ini akan tahan lama walaupun disimpan bertahun-tahun lamanya dan dapat diisi ulang dengan lebih cepat daripada baterai konvensional. Bagi lingkungan, teknologi nano dapat meningkatkan kinerja dari katalis yang digunakan untuk mengubah gas yang keluar dari mobil atau pabrik menjadi gas yang tidak berbahaya. Hal ini disebabkan karena katalis yang terbuat dari partikel nano memiliki luas permukaan yang jauh lebih besar untuk bereaksi dengan zat kimia daripada katalis yang terbuat dari partikel berukuran besar. Makin besar luas permukaan maka makin banyak zat kimia yang berinteraksi dengan katalis sehingga katalis lebih efektif. Di samping itu teknologi nano kini juga banyak digunakan sebagai solusi terhadap masalah polusi air seperti limbah buangan pabrik. Teknologi nano dapat digunakan untuk mengubah zat kimia yang terkontaminasi melalui reaksi kimia menjadi zat yang tidak berbahaya.

21 Hari Mencari Jodoh 160x600

Jika Artikel Ini Bermanfaat Bagikan..!!

Bagikan ke Google Plus

About Unknown

Kancamaya : Kumpulan Artikel Aneh, Inspiratif, Lucu, Misteri, Gokil, dll. Telusuri Seluruh Bagian Blog ini dan temukan Ilmu Pengetahuan baru.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

Silakan Isi Komentar Anda...